Minggu, 28 Oktober 2018

PERNYATAAN


                              MAKALAH    
PERNYATAAN

Disusunolehkelompok 2
1.     MardianiWulandari
Npm 18071002
2.     HisciPutriUtami
Npm 18071018

DosenPengampu: BapakRomadon, S.Pd, M.Pd

Program StudiSistemInformasi
STIMIK DIAN CIPTA CENDIKIAKOTABUMI





KATA PENGANTAR

Puja danpujisyukursayapanjatkankehadiratTuhan yang MahaEsa.Karenadenganlimpahanrahmat, taufik, hidayah, dankarunianyasayamasihdiberikankesehatandankekuatanuntukdapatmembuatdanmenyusunmakalahini.Makalahdisiniuntukmemenuhitugasmatakuliah“ LogikaInformatika”.
Sayasangatmenyadaribahwadalampenulisanmakalahinimasihjauhdarisempurnadanmasihbanyaksekalikesalahan.Sayaberharapsemogamakalahinibisamenambahpengetahuandanmenambahwawasankitasemua.Disampingitusayajugasangatmengharapkankritikdan saran darisemuapihak yang bersifatmembangun, denganmaksud agar makalahinibisalebihbaiklagiuntuk yang akandatang. Semogamakalahinibisabermanfaatuntukkitasemuaamin.





Kotabumi, 19 Oktober 2018

               Penyusun




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................ii
DAFTAR ISI..............................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN..........................................................................
1.1 Latar belakang......................................................................................1
1.2 Rumusan masalah.................................................................................2
1.3 Tujuan masalah.....................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN............................................................................
2.1 PengertianPernyataan..........................................................................3
 2.2 TeoriPernyataan ................................................................................4
BAB III PENUTUP....................................................................................
3.1Kesimpulan.............................................................................................5
3.2Saran.......................................................................................................5
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    LatarBelakang
Logikamerupakanilmu yang mempelajaripikiran yang dinyatakandalambahasa.Dalamlogika yang dimaksuddenganbahasaadalahsuatusistembunyi-bunyi yang artikulasikandandihasilkandenganalat-alatbicaraatausistem kata-kata yang tertulissebagailambangdari kata-kata yang diucapkan.Fungsibahasaadalahuntukmenyampaikandanmenyatakanpikiran.
Berpikiradalahsuatukegiatanjiwauntukmencapaipengetahuan.Pemikiranberartimencarisesuatu yang belumdiketahuiberdasarkansesuatu yang diketahui.Sesuatu yang sudahdiketahuiitumerupakan data ataubahanpemikiran.
Dalamilmulogikajugaakandijumpaimasalahtentanghalpernyataandanpenalaransalahsatunya “oposisi” kata oposisidisinidipakaiuntukmenyatakanduaperngertian, yaituuntukmenyatakanhubungantertentuantaraduaproposisidan yang lainnyauntukmenyatakankonklusisecaralangsung.
Padamakalahinipenulisakanmembahastentangoposisidanperyantaan yang sama, yang akandibahassecararincisesuaidengankemampuanpenulis.




1.2 Rumusan  Masalah
Secaraumumrumusanmasalahdalammakalah “OposisidanPernyataan yang Sama ”akandibahassepertipertanyaanberikut :        
1. Apa yang dimaksuddenganpernyataan ?
2.Apasajabentukdaripernyataan ?

1.3TujuanMasalah
1.3.1 Bagipenulis
MakalahinibertujuanuntukmenyelesaikantugasdalammatakuliahIlmuMantiqdanLogika, danjugabergunabagimenambahwawasanpenulismengenaiilmulogika .
1.3.2 Bagipembaca
DiharapakanmakalahinibisabermanfaatbagipembacasekaligusmenambahpengetahuanpembacatentangIlmuMantiqdanLogika  danjugapenulisberharappembacabisamemahamiapa yang dipaparkandalammakalahini.
1.3.3Bagimasyarakat
Penulis  berharapmakalahinibisamengubahpolapikirmasayarakat, danjugabisamenanggapisebuahpermasalahsecaralogikaketikasetelahmembacamakalahini.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1PengertianPernyataan
Pernyataanadalahkalimat yang mempunyainilaibenarsajaatausalahsaja, tetapitidaksekaligusbenardansalah.Kebenaranataukesalahansebuahpernyataandinamakannilaikebenarandaripernyataantersebut.Suatupernyataanbiasanyadilambangkandenganhurufkecil, misalnya p, q, r, danseterusnya.Setiappernyataanadalahkalimat, tetapitidaksemuakalimatmerupakanpernyataan.
Contoh :
a. Jakarta adalahibukota Negara Republik Indonesia.
b. 5 adalahbilangangenap.
c. Kemanaandapergi?
Kalimat (a) merupakanpernyataan yang bernilaibenar, kalimat (b) merupakanpernyataan yang bernilaisalahdankalimat (c) bukanmerupakanpernyataan, karenatidakbernilaibenaratausalah
Kalimat-kalimat yang tidaktermasukpernyataan, adalah:
a.Kalimatperintah
b.Kalimatpertanyaan
c. Kalimatkeheranan
d. Kalimatharapan




2.2TeoriDalamPernyataan
2.2.1 TeoriKorespondensi
Teorikorespondensi (the correspondence theory of truth) menunjukkanbahwasuatukalimatakanbernilaibenarjikahal-hal yang terkandung di dalam   pernyataantersebutsesuaiataucocokdengankeadaan yang sesungguhnya. Contohnya, “Surabaya adalahibukotaPropinsiJawaTimur”  merupakansuatu   pernyataan yang bernilaibenarkarenakenyataannyamemangdemikian, yaitu   Surabaya memangbenarmerupakanibukotaPropinsiJawaTimur. Namun   pernyataan “Tokyo adalahIbukotaSingapura”, menurutteoriiniakanbernilaisalahkarenahal-hal yang terkandung di dalampernyataanitutidaksesuaidengankenyataannya.
2.2.2     TeoriKoherensi
Teorikoherensimenyatakanbahwasuatukalimatakanbernilaibenarjikapernyataan yang terkandung di dalamkalimatitubersifatkoheren, konsisten, atautidakbertentangandenganpernyataan-pernyataansebelumnya yang dianggap      benar. Contohnya, pengetahuanAljabartelahdidasarkanpadapernyataan   pangkal yang dianggapbenar.Pernyataan yang dianggapbenaritudisebutaksiomaataupostulat. Vance (19..)menyatakanadaenamaksioma yang berkaitdenganbilangan real a, b, dan c terhadapoperasipenjumlahan (+) danperkalian(.)

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
OposisimerupakanOposisipertentanganantaraduapernyataanatasdasarpengolahan term yang sama. Pertentangandisinidiartikanjugadenganhubunganlogis, yaituhubungan yang di dalamnyaterkandungadanyasuatupenilaianbenaratausalahterhadapduapernyataan yang diperbandingkan.Sehinggamenghasilkansebuahkesimpulan yang benardariduaperlawanantersebut.
Penyimpulaneduksiadalahcaramengubahsuatuproposisikepadaproposisi lain tanpamengubahmakna, disampingmemberipedomanapakahduaproposisikategorikataulebihmempunyaimakna yang samaatauberbeda.
Sehinggaoposisidanpernyataanmempunyaifungsimasing-masing yang dapatmenyimpulkansuatukebenaran yang sah.

3.2  Saran
      Makalahinitidaklahmemenuhistandarkesempurnaan, tetapi kami (penulis) berusahamemberikanpengetahuan yang bisamenambahwawasantentangLogikadanIlmuMantiq.Sehinggabisamengahasilkansebuahpenalaran yang logissehinggatidakmengalamikesesatandalamberpikir.  
     Kritikdan saran sangat kami butuhkanseandainyapembacamenemukancelah-celahkesalahan.Bacalahdanpahamidenganbenar.








DaftarPustaka

Ali Alwi, 1986,  Pengantar  LogsikaTradisional, Bandung,  Alumni

BasiqDjalil, 2010,  Logika (IlmuMantiq),  Jakarta,  Kencana

Mundiri, 2015, Logika, Jakarta, RajawaliPers






Tidak ada komentar:

Posting Komentar